Apakah Kulit Gatal dan Ereksi Ada Kaitannya?

Mulai sekarang kesehatan kulit jangan pernah diabaikan, terutama untuk pria. Bisa jadi, aktivitas seks Anda akan terancam berantakan karena Anda terlalu mengabaikan kondisi kulit. Sebenarnya apa ada hubungan antara kesehatan kulit dengan seks?
Ada sebuah indikasi baru dari sebuah penelitian bahwa ada kaitannya antara gangguan ereksi dengan keadaan kondisi kulit pria. Journal of Sexual Medicine, menyebutkan seorang pria yang mempunyai eksim lebih berisiko terkena impotensi atau disfungsi ereksi (DE). Eksim merupakan jenis penyakit kulit atau alergi pada kulit yang menimbulkan rasa gatal-gatal pada kulit dan bersisik.
Eksim atau yang sering disebut dengan dermatitis atopik yaitu peradangan yang terjadi pada kulit yang mengakibatkan reaksi hipersensitif pada alergen. Sifat dari eksim pada umumnya kambuhan, penyakit ini bisa dikendalikan supaya tidak cepat kambuh. Sebagian dari para ahli telah membedakan antara  eksim dengan dermatitis tapi sebagian besar tidak dapat membedakannya.
Kajian yang dilakukan oleh ilmuwan Taipei medical University Taiwan dengan melibatkan 4.000 pria yang sudah terdiagnosa terkena impotensi untuk dimintai informasi yang akan dibandingkan dengan data yang diambil pada 20.000 pria yang tidak terkena DE.
Diungkapkan dalam hasil kajian, sebelum terdiagnosa impotensi ada sekitar 11% pria yang terkena DE pernah mengalami eksim. Sedangkan sebesar 7% pria yang tidak terkena DE mempunyai riwayat eksim. Setelah para peneliti mempertimbangkan faktor risiko lain seperti penyakit jantung dan diabetes, peneliti telah menemukan sekitar 60% dari pria impotensi lebih mungkin mempunyai riwayat pada eksim daripada pria yang tidak mengidap gangguan disfungsi ereksi.
Shiu-Dong Chung sebagai pemimpin riset mengatakan, â??Ada hubungan antara DE dengan riwayat dermatitis atopik. Penelitian lanjutan diperlukan, baik untuk mereplikasi hasil yang tampak dalam riset ini maupun mengklarifikasi mekanisme di baliknya.â?
Seorang pakar alergi dan imunolog, Donald Leung dari National Jewish Health di Denver, Colorado, mengatakan masih terlalu dini penelitian tersebut dan perlu dilakukan kajian lebih lanjut pada penelitian tersebut. Menurutnya, dasar dari penelitian ini hanya data adminstratif, dan masih dirasa belum jelas tingkat keakuratannya. Dalam riset ini juga ada keterbatasan yaitu tidak diungkapkan secara jelas apakah pria yang mengidap eksim ketika didiagnosis DE atau terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *