Cara Memberikan Nafas Buatan?? Resusitasi Jantung Paru (RJP)

Di TV kita sering melihat orang memberikan nafas buatan dari mulut ke mulut kemudian menekan-nekan dada orang yang sedang pingsan karena tenggelam, serangan jantung atau kecelakaan.
Memberikan nafas buatan dan menggenjot dada orang yang henti nafas merupakan tindakan penting untuk menolong nyawa seseorang. Orang yang mengalami henti jantung akan kehilangan pasokan oksigen kedalam organ-organ vital terutama otak. Kerusakan akan terjadi apabila otak tidak mendapat pasokan oksigen selama empat menit yang mengalir melalui darah.
Di negara-negara maju, tindakan memberikan nafas buatan merupakan hal yang lazim dilakukan karena mereka sudah diberi pendidikan tentang hal itu. Mereka tahu bagaimana cara memberikan nafas buatan yang benar dan kapan harus melakukannya.
Tindakan memberikan nafas buatan juga disebut sebagai Resusitasi jantung paru (RJP) atau dalam bahasa inggris disebut sebagai Cardiopulmonary Resuscitation (CPR). Sebelum membahas lebih jauh ada baiknya untuk melihat video berikut terlebih dahulu

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *